Cara Merawat Furniture Berbahan Besi

Cara Merawat Furniture Berbahan Besi – Furniture yang populer dan menjadi pilihan banyak orang untuk area outdoor yaitu furniture berbahan besi seperti meja dan kursi taman. Untuk membuat teras dan taman Anda terlihat cantik dan menajubkan, tidak cukup hanya mengatur tata letak furniture besi. Hal lain yang perlu Anda lakukan adalah merawat furniture outdoor besi tersebut.

Material berbahan besi pada dasarnya memiliki perawatan yang tidak terlalu rumit. Perawatan furniture besi diperlukan saat furniture besi tersebut sudah berusia tua. Lalu bagaimana cara merawat furniture besi yang benar? Berikut kami berikan tips cara merawat furniture outdoor berbahan besi yang dapat diterapkan pada furniture besi lama Anda, sehingga nantinya akan terlihat seperti baru lagi.

 

Langkah – langkah cara merawat furniture outdoor berbahan besi :

  1. Persiapan

melepas bantal kursi

Langkah awal yang dilakukan dalam merawat furniture besi yaitu persiapan sebelum furniture tersebut dicuci. Apabila Anda menggunakan bantal pada furniture besi Anda, lepas dulu bantal-bantal tersebut. Lalu pindahkan furniture besi ini ke area yang tidak ada rumput, tanah atau tanaman. Hal ini bertujuan supaya furniture besi Anda tidak terkena percikan lumpur.

  1. Pembersihan

menyikat kursi besi

Apabila furniture besi Anda telah digunakan dalam jangka waktu yang lama, kemungkinan akan muncul karat di beberapa bagian. Cara membersihkan karat tersebut dapat menggunakan amplas, cairan kimia penghilang karat atau sikat kawat. Untuk hasil yang lebih maksimal, ada baiknya menggunakan metode manual yaitu dengan amplas atau sikat kawat.

  1. Pencucian

membersihkan bangku

Selanjutnya setelah kedua persiapan tadi selesai, dengan melakukan pencucian. Pada pencucian furniture besi dapat dilakukan dengan menggunakan sabut cuci atau detergen. Campurkan sabun cuci atau detergen dengan air hangat secukupnya. Banyaknya detergen dan air yang akan digunakan dapat disesuaikan pada besar kecilnya furniture besi. Anda dapat menggunakan spons atau kain lap untuk menggosok cairan sabun ke seluruh bagian furniture besi. Selanjutnya bilas dengan air dingin dan pastikan tidak ada sisa sabun yang masih menempel oada bagian furniture besi. Kemudian keringkan furniture yang telah sesesai dicuci menggunakan lap kering dan diamkan dibawah sinar matahari supaya mengeringkan seluruh bagian furniture.

  1. Pengecatan

pengecatan bangku

Anda dapat memilih untuk membiarkan dalam warna alami atau dicat menggunakan cat khusus besi dan cat penghambat karat pada furniture besi Anda. Namun sebaiknya, pengecatan furniture besi ini dilakukan dua kali atau dua lapis. Gunakanlah cat minyak untuk besi atau cat semprot yang ringan dan cepat kering. Lakukan pengecatan lapisan awal dan tunggu sampai kering sebelum melakukan pengecatan lapisan selanjutnya.

  1. Perlindungan tambahan

memberikan cairan anti karat

Apabila Anda merasa keempat perawatan tadi masih kurang, Anda bisa menambahkan lapisan lilin (wax) atau polyurethane spray untuk memberikan perlindungan tambahan pada furniture besi. Penambahan lapisan ini akan membuat furniture besi terlihat halus. Anda pun dapat menggunakan payung sebagai perlindungan tambahan. Selain dapat melindungi furniture, payung ini dapat melindungi Anda dari panas ketika menikmati suasana sekitar.

 

Begitulah cara merawat furniture berbahan besi khususnya furniture yang telah usang karena termakan usia. Furniture besi menjadi pilihan yang baik untuk digunakan di area outdoor, karena memiliki kekuatan dan daya tahan yang tinggi. Jika Anda menginginkan furniture besi berkualitas, percayakan pada tim kami untuk mendapatkan furniture sesuai keinginan Anda.

Leave a Reply

Close Menu
WhatsApp chat