4 Kelebihan dan Kekurangan Furniture Berbahan Besi

Kelebihan dan Kekurangan Furniture Besi – Pernahkah Anda mendesain interior rumah dengan berbagai furniture berbahan besi? Selain bahan plastik dan kayu, besi juga termasuk salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membuat berbagai furniture. Contohnya lemari, kursi, ataupun meja. Banyak beredar dipasaran aneka produk furniture yang terbuat dari bahan besi. Mulai dari ukuran kecil hingga besar.

Nah, jika kita kaji secara lebih detail dan mendalam, apa saja keunggulan dan kelemahan furniture berbahan besi? Hal apa yang membuat kita harus menambahkannya ke dalam rumah?

Inilah 4 kelebihan dan kekurangan furniture berbahan besi :

Contoh Meja dan Kursi Berbahan Besi

Gambar 1.0 Contoh Meja dan Kursi Berbahan Besi

 

  • Kelebihan Furniture Berbahan Besi

  1. Dibandingkan dengan bahan – bahan yang lain, menggunakan furniture berbahan besi akan membuat interior rumah terlihat lebih berkarakter dan modern. Terutama jika terdapat banyak furniture besi tersebut.
  2. Furniture berbahan besi lebih kuat, awet dan tahan lama. Namun, jika kurang terawat, furniture ini cenderung mudah berkarat.
  3. Lebih terbebas dari bakteri dan kuman, karena permukaan besi yang padat membuat bakteri dan kuman tidak akan betah hinggap lama. Sehingga akan berdampak positif pada kesehatan penghuni rumah. Dan juga, akan membuat rumah terlihat lebih bersih.
  4. Akan lebih kuat menahan beban berat. Furniture berbahan besi sangat tepat untuk Anda yang memiliki banyak barang berbobot berat. Contohnya, televisi besar.

Contoh Meja Berbahan Besi

Gambar 2.0 Contoh Meja Berbahan Besi

 

  • Kekurangan Furniture Berbahan Besi

  1. Bila dibandingkan dengan bahan – bahan lainnya, bobot furniture ini cukup berat. Oleh karena itu, furniture tersebut tidak mudah diangkat dan dipindahkan. Cara memindahkannya biasanya butuh lebih dari satu orang untuk mengangkatnya. Jika Anda termasuk orang yang suka mendesain ruangan, sebaiknya mengurangi jumlah furniture berbahan besi. Sebagai gantinya Anda dapat membeli furniture berbahan kayu atau plastik. Furniture yang dibuat dengan kedua bahan tersebut relative lebih ringan dibandingkan dengan bahan besi.
  2. Tidak semua furniture berbahan besi bagus dalam hal finishing. Misalnya, seluruh bagian furniture berbahan besi tidak memiliki tekstur yang rata. Tentu jika ada bagian furniture, misalnya bagian sudut kursi yang tidak rata akan membuat kita kurang nyaman ketika duduk.
  3. Dapat merusak ataupun menggores lantai, Jika finishing kurang baik pada bagian bawah furniture. Terlebih, jika Anda menggunakan lantai keramik. Karena itu, alangkah baiknya cermati dulu setiap bagian furniture sebelum Anda memutuskan untuk membelinya agar Anda lebih nyaman ketika menggunakannya.

 

Sekian beberapa kelebihan dan kekurangan furniture berbahan besi yang perlu Anda ketahui. Dengan memahami kelebihan dan kekurangannya, semoga dapat membatu Anda untuk mempertimbangkan ketika ingin membeli furniture berbahan besi. Apakah Anda tertarik untuk membelinya? Kami menyediakan berbagai macam furniture berbahan besi dengan kualitas terbaik dengan didukung oleh tenaga profesional dalam proses pengerjaannya.

Leave a Reply

Close Menu
WhatsApp chat